Angka Kasus Baru Covid-19 di Kabupaten Gowa Menurun Signifikan

Pandemi COVID-19

Gowa, SULSELSEHAT — Tren penularan kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Gowa terlihat menurun sangat signifikan.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Kabupaten Gowa, pada rentang waktu satu pekan terakhir, hanya ada penambahan sembilan kasus positif Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr Gaffar mengatakan, hasil swab terbaru dari 27 sampel yang diperiksa dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Makassar semuanya dinyatakan negatif.

“Kemarin nol positif dari 27 sampel yang ada. Kalau data satu minggu terakhir hanya ada penambahan 9 kasus positif. Alhamdulillah trendnya sudah menurun,” katanya dikonfirmasi Sulselsehat.com, Rabu (18/08/2020).

BACA:  YLKI Dorong BPOM Awasi Ketat Oknum Pengklaim Obat Herbal Penyembuh Covid-19

dr Gaffar mengungkapkan, selain jumlah positif yang menurun, angka kasus sembuh menunjukkan tren peningkatan dari jumlah pasien terkonfirmasi.

Hal ini karena Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Gowa mendorong upaya pengendalian Covid-19 berbasis tracking. Sehingga bagi orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi dilakukan pengawasan ketat dan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Saat ini digalakkan setiap ada kasus terkonfirmasi dari tim Covid-19 kami mencari kontak trackingnya minimal 10 orang sampai 90 orang untuk dilakukan swab,” kata dr Gaffar.

Hal ini dilakukan agar orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif bisa dipastikan status kesehatannya. Setelah itu disarankan untuk dilakukan isolasi mandiri dan penegakan protokol kesehatan.

BACA:  Ratusan Ilmuwan Dunia Buktikan Covid-19 Bisa Menyebar di Udara

“Karena itu masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan dimana pun berada sebagai kebiasaan baru yang ada di masyarakat saat ini,” jelasnya.

Sementara, khusus pada kluster Lapas Wanita Bolangi di Kecamatan Pattallassang yang merupakan kasus terbanyak di Kabupaten Gowa penularannya dinilai menurun.

“Alhamdulillah kasus sisa dua orang. Satu di rumah sakit dan satunya menjalani wisata Covid-19,” kata dr Gaffar.

Sekadar diketahui hingga 18 Agustus 2020 kasus terkonfirmasi tercatat sebanyak 883 orang, dari total tersebut sebanyak 465 pasien sembuh, 29 orang meninggal dunia, 23 orang menjalani isolasi mandiri dan 366 orang menjalani perawatan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT