TP PKK Gowa Bersama Dinkes Siapkan Swab Gratis untuk Perempuan

Ilustrasi Pemeriksaan Swab Pasien Covid-19
Ilustrasi Pemeriksaan Swab Pasien Covid-19. Foto: immediate.co.uk)

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gowa terus mengambil peran dalam membantu pemerintah menurunkan angka kasus virus corona atau Covid-19.

Kali ini pihaknya menggandeng Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan swab test gratis dalam rangka memassifkan tracing.

JANGAN LEWATKAN :

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan mengatakan, swab test gratis ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ibu 2020 yang jatuh pada 22 Desember setiap tahunnya.

Olehnya, pelaksanaannya yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 16 Desember 2020 di Gedung Haji Bate, akan dikhususkan bagi perempuan.

BACA:  Waspadai Covid-19, Pemkot Makassar Larang Perayaan Natal dan Tahun Baru

“Kami berharap masyarakat khususnya kaum perempuan untuk memanfaatkan kesempatan ini ikut swab test,” katanya, Senin (14/12/2020).

Priska menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini juga sebagai tindaklanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19.

Selain itu, sebagai upaya TP PKK dalam membantu pemerintah daerah guna mendeteksi secara dini penyebaran Covid-19, khusus di wilayah Kabupaten Gowa.

“Guna optimalnya pelaksanaan kegiatan Swab Test Gratis ini, sebagai mitra pemerintah kami dari TP-PKK melaksanakan kegiatan akan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan pihak lain,” terangnya.

BACA:  Terus Bertambah, Dokter Meninggal Karena Covid-19 Kini Tembus 100 Orang

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr Gaffar mengatakan, kuota swab test gratis ini akan disiapkan sebanyak 250 hingga 300 orang. Sementara bagi masyarakat yang ingin melakukan swab gratis ini cukup dengan memperlihatkan Kartu Tanda Kependudukan Elektronik (KTP-el).

“Kita harapkan dengan adanya swab gratis ini bisa semakin mempercepat pelacakan kasus-kasus baru. Sehingga penularan kasus di Kabupaten Gowa dapat kita tekan,” ujarnya.

Menurutnya swab test gratis ini juga dapat diikuti oleh masyarakat di luar domisili Kabupaten Gowa.

“Kegiatan ini bisa diikuti masyarakat di Kabupaten Gowa dan sekitarnya,” tutup dr. Gaffar.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT