Didominasi Perempuan, Swab Test Gratis PKK – Dinkes Gowa Diikuti Ratusan Peserta

Pelaksanaan swab test gratis PKK bersama Dinkes Gowa
Pelaksanaan swab test gratis PKK bersama Dinkes Gowa didominasi kaum perempuan. (Foto: Chaerani)

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Sebanyak 120 peserta yang terdiri dari warga Kabupaten Gowa dan Kota Makassar ikut dalam pelaksanaan swab test gratis yang dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gowa bekerjasama Dinas Kesehatan setempat.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Haji Bate, Tumanurung ini digelar dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun. Dimana ratusan peserta yang ikut didominasi perempuan dari berbagai latar belakang sosial.

JANGAN LEWATKAN :

“Allhamdulilah, kuota yang kita siapkan terpenuhi, karena sebelumnya kita hanya mempersiapkan sekitar 100 orang. Tapi yang ikut 120 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr. Hasanuddin saat dikonfirmasi, Kamis (17/12/2020).

BACA:  KKN di Sinjai, Mahasiswa Unhas Makassar Edukasi Masyarakat Tentang Gizi dan Covid-19

Sementara, dalam pelaksanaan swab test ini Dinkes Gowa menurunkan sekitar 20 tenaga kesehatan yang ada di tiga puskesmas. Masing-masing Puskesmas Pallangga, Puskesmas Somba Opu dan Puskesmas Samata.

“Kegiatan ini sangat membantu Kabupaten Gowa dalam melakukan tracking, agar kira tahu bagaimana tren penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa. Kita juga telah pastikan bawah seluruh tenaga kesehatan yang diturunkan untuk melakukan swab telah lengkap dengan APD nya,” jelasnya.

Kemudian untuk hasil swab test peserta, pihaknya telah terlebih dahulu mengumumkan kepada peserta bahwa hasil swab test akan diumumkan secara bersamaan oleh panitia penyelenggara. Olehnya, ia mengimbau agar sebelum hasil swab keluar, maka peserta diminta untuk menjalankan isolasi mandiri.

BACA:  Lawan Covid-19, Hotel Semakin Gencarkan Sosialisasi Gerakan 3M

“Kita pastikan hasilnya bisa didapatkan secepatnya. Karena kan saat ini dengan tren kasus yang meningkat jumlah spesimen yang di periksa juga akan banyak,” ujarnya.

Sarianti salah satu peserta yang ikut swab test mengatakan, swab test yang diikutinya adalah yang pertama kalinya.

Ia mengaku, ingin mengikuti swab karena ingin membantu pemerintah daerah dalam melakukan pengendalian angka Covid-19.

“Baru pertama kali dan cukup deg-degan serta pekerjaan saya juga mengharuskan ikut karena bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melakukan pelayanan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan mengatakan, swab test gratis ini selain sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu juga dilakukan mengingat kasus di Indonesia termasuk Sulawesi Selatan dan Kabupaten Gowa mengalami peningkatan.

BACA:  Update Covid-19 Barru: 1 Pasien Sembuh dan 2 Orang Negatif Swab

“Jika dilakukan swab test seperti ini kita bisa mendeteksi dini dan melakukan tracking lebih awal sehingga kesadaran diri dalam mengikuti tes itu sangat penting,” ungkapnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT