Optimalkan UKS di Lingkungan Sekolah, PKK Sulsel Minta Puskesmas Terlibat

Ilustrasi unit kesehatan sekolah.
Ilustrasi unit kesehatan sekolah.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Peran Unit Kesehatan Siswa (UKS) di lingkungan sekolah terutama pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat perlu di dorong. Sebab fasilitas layanan kesehatan di lingkungan sekolah sangat diperlukan.

“Keberadaan UKS ini sangat penting di sekolah-sekolah. Sayangnya, belum semua sekolah memiliki ruang UKS. Adapula sekolah yang punya UKS, tapi tidak representatif,” tegas Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan Lies F Nurdin, Rabu (24/2/2021).

JANGAN LEWATKAN :

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka PKK Sulsel meminta agar dapat melibatkan puskesmas di wilayahnya masing-masing untuk menghadirkan UKS yang layak dan representatif.

Hal ini juga sekaligus melatih siswa penanggungjawab UKS, agar memiliki pengetahuan dasar dalam merawat siswa.

BACA:  Lies F Nurdin Motivasi Bocah Pengidap Tumor Ganas Saat Jalani Pengobatan

“Di UKS itu kan tidak boleh ada obat-obatan, yang boleh hanya kotak P3K. Jadi, siswanya harus dilatih, bagaimana menghadapi atau merawat temannya dengan alat terbatas,” ujarnya.

Ia mengaku, keberadaan UKS tersebut penting, apalagi dalam penilaian sekolah ramah anak.

“Banyak memang yang mengabaikan kehadiran UKS ini. Padahal, fasilitas ini sangat penting ada di sekolah. Saya kira, sudah sangat tepat jika sekolah mendorong kerjasama dengan puskesmas,” kata Rully.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT