Tingkatkan Mutu Pendidikan, Keperawatan Unhas Siapkan Tenaga Dosen Asal Jepang

Fakultas Keperawatan Unhas
Fakultas Keperawatan Unhas akan menggunakan tenaga dosen asal Jepang dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Kebijakan ini berdasarkan kerjasama antara FKep Unhas dan Kaikoukai Healthcare Corporation. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Sebagai bentuk komitmen dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan, Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin menyepakati kerjasama dengan Kaikoukai Healthcare Corporation, Jepang.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Keperawatan Unhas Syahrul Said, Ph.D mengatakan, implementasi dari kerjasama tersebut yakni melibatkan 2 tenaga dosen asal Jepang untuk mengajar di Fakultas Keperawatan Unhas.

JANGAN LEWATKAN :

“Kerjasama ini juga merupakan bagian dari peran Fakultas Keperawatan Unhas dalam mewujudkan internasionalisasi Unhas menuju World Class University,” katanya, Selasa (23/03/2021).

BACA:  Anak Penderita Kanker Butuh Pemenuhan Nutrisi

Ia mengaku, pihaknya intensif menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak, kampus maupun industri. Salah satunya menggandeng Kaikoukai Healtcare Group yang merupakan perusahaan global asal Jepang pada bidang industri pelayanan kesehatan.

“Kerjasama yang kita lakukan dengan Kaikoukai dalam bentuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan penelitian,” ujarnya.

Adapun dua orang staf pengajar dari Kaikoukai yang akan menjadi tenaga dosen di Unhas ini merupakan pakar keperawatan dasar dan pakar terapi olahraga. Selain itu, juga telah terbentuk tim riset bersama dari Kaikoukai yang akan melakukan penelitian terkait terapi olahraga untuk pasien dengan penyakit kronis.

“Kerjasama ini sangat bermanfaat bagi kami, pertama untuk mempertahankan standar akreditasi internasional ASIIN. Selain itu, adanya dosen asing dari Kaikoukai juga meningkatkan capaian program internasional Unhas, sekaligus dapat menghasilkan publikasi internasional bereputasi, hak cipta atau paten,” jelas Syahrul.

BACA:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan Keperawatan, FKep Unhas dan La Trobe University Lakukan Ini

Kedepan, pihaknya akan melanjutkan kerjasama yang telah berjalan sejak akhir 2019 lalu yaitu pendidikan untuk mahasiswa Fakultas Keperawatan dan perawat alumni Unhas.

“Dua orang staf Kaikoukai yang menjadi Dosen Unhas akan lanjut mengajar di beberapa mata kuliah mulai semester ini dan semester selanjutnya serta melanjutkan riset bersama dosen FKep Unhas dengan peneliti dari Kaikoukai,” katanya.

Kaikoukai Healthcare Corporation merupakan sebuah lembaga perusahaan global berkantor utama di Nagoya, Jepang. Perusahaan ini bergerak di bidang pelayanan kesehatan, di antaranya rumah sakit umum dan rumah sakit rehabilitasi, rumah perawatan lansia, dan sebagainya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT