Masuk Kota Palopo Kembali Diperketat, Wajib Perlihatkan Hasil Rapid Test

Gerbang Masuk Kota Palopo
Gambar: Gerbang Masuk Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Palopo, SULSELSEHAT – Buntut meningkatnya kasus positif Covid-19 beberapa hari terakhir, Pemerintah Kota Palopo akan kembali melakukan pengetatan terhadap lalulintas warga yang keluar masuk daerah itu.

Demikian dikatakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr Ishak Iskandar, Minggu (12/07/2020).

JANGAN LEWATKAN :

“Satu dua hari ini, kita akan terapkan warga dari luar yang masuk Palopo wajib memperlihatkan hasil Rapid Test. Jika tidak ada hasil Rapid test yang menyatakan bebas covid-19, maka tidak diijinkan masuk ke Kota Palopo,” katanya, dilansir dari KoranSeruya.

Aturan tersebut, menurut Ishak, telah dibahas dalam rapat bersama Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama tim Gugus Tugas bersama jajaran Pemkot Palopo, Sabtu (11/7/2020) malam, di Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Palopo, Saokotae.

BACA:  Kembali Naik, Hari Ini Sulsel Catat 117 Kasus Baru Covid-19

Selain wajib memperlihatkan hasil rapid test, bagi warga dari luar Kota Palopo yang hendak memasuki wilayah Kota Palopo akan diperiksa di Posko Penjagaan Tapal Batas Palopo yang kemungkinan besar akan dibuka kembali.

“Teknis posko tapal batas akan dibicarakan bersama jajaran Dinas Kesehatan bersama stakeholder pada Minggu siang ini,” kata dia.

Mantan Kadis Kesehatan Kota Palopo itu juga menyebut, khusus bagi warga Kota Palopo yang hendak keluar daerah diminta untuk membawa surat tugas.

“Jka PNS atau pejabat yang akan melakukan tugas luar daerah. Sebaliknya bagi warga membawa surat keterangan dari RT/RW terkait pemberitahuan kepentingan keluar daerah,” ujarnya.

Terkait usaha seperti cafe, warkop, angkringan, dan berbagai tempat usaha yang ramai dikunjungi warga, Ishak mengatakan masih dipertimbangkan untuk dilakukan penutupan.

BACA:  Gubernur Nurdin Abdullah Ajak Masyarakat Sehat dengan Olahraga

“Pada intinya, kita kembali berkutat melawan penyebaran virus Corona karena jumlah kasus positif terus bertambah. Kita khawatir akan terus bertambah jika warga tidak ikut patuh menerapkan protokol kesehatan,” pungkas dia.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT