Laboratorium Rujukan Covid-19 Sulsel Bisa Lakukan Tes Dua Kali Kemampuan Nasional

Gambar Gravatar
Ilustrasi Pengambilan Sampel Swab Covid-19
Ilustrasi Pengambilan Sampel Swab Covid-19. (Foto: Kompas.com)

Makassar, SULSELSEHAT – Kemampuan sejumlah laboratorium kesehatan di Sulsel yang menjadi rujukan pemeriksaan sampel swab Covid-19 metode PCR ternyata dua kali lipat dari kapasitas nasional.

Hal ini ditegaskan oleh Ahli Epidemologi dan Guru Besar FKM Unhas, Prof Ridwan Amiruddin, di Swissbel Hotel, Sabtu, (06/06/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Menurutnya, jumlah tes harian dan total tes PCR perhari di Sulawesi Selatan mencapai 60 sampel per 1.000.000 penduduk, sedangkan secara nasional hanya 30 sampel per satu juta penduduk.

Untuk diketahui, ada tujuh laboratorium kesehatan rujukan Covid-19 yang ada di Sulsel diantaranya yakni, BBLK Makassar, Laboratorium RS Wahidin, Laboratorium RS Unhas, Laboratorium BPOM Makassar, Laboratorium BTKL Makassar, Laboratoriun Bbvet Maros, dan Labkesda Soppeng.

BACA:  Kasus Positif Covid-19 di Lutim Didominasi Klaster Keluarga

“Kami memiliki kemampun testing yang cukup besar. Dalam satu hari ini kita mampu melakukan testing, kurang lebih 800 perhari,” ujar Ridwan.

Ansariadi, Dosen Epidemologi di FKM Unhas turut menjelaskan bahwa Sulsel dapat melakukan tes lebih banyak, sehingga kemampuan untuk mendapatkan kasus lebih banyak pula.

“Tetapi itu bukan berarti tidak bagus. Berarti kita on the track, bahwa penyakit ini harus tes lebih banyak, temukan mereka yang positif dan isolasi, sehingga penularan bisa berlanjut kita kurangi,” terangnya.

Dia juga mengatakan, jika melihat data di situs jumlah kasus disitus tersebut juga diperlihatkan jumlah kemampuan tes di setiap negara.

“Kalau rendah orang kemungkinan tidak percaya kita punya data, ia karena sedikit yang ditest. Oleh itu capai test yang dipersyaratkan,” pungkasnya.

BACA:  Jangan Sampai Salah: Bukan Herb Immunity, Tapi Herd Immunity!

Sementara, Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel yang juga hadir pada kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa kemampuan tes swab ini dapat mempercepat hasil dan status Covid-19.

“Saya sampaikan ke teman-teman gugus yang kita dahulukan untuk test adalah PCR, itu yang sudah terpapar di rumah sakit dan itu yang harus jadi prioritas. Masuk jangan ditunda-tunda, langsung kita swab dan bawa untuk pemeriksaan,” tegas Gubernur bergelar Prof Andalan itu.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT