Siap-siap! Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes di Sulsel Mulai 13 Januari 2021

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Vaksin virus corona (Covid-19) buatan Sinovac tiba di Sulawesi Selatan melalui Terminal Cargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Selasa, (5/1) kemarin.

Rencananya proses vaksinasi akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang telah terdata.

JANGAN LEWATKAN :

“Untuk jadwalnya kita akan lakukan pada Rabu (13/1) mendatang. Makanya sebelum jadwalnya kita pastikan seluruh vaksin di 24 kabupaten/kota sudah sampai,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Rabu (6/1/2021).

Ia menyebutkan berdasarkan data klinis yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Sulsel sebanyak 59.127 tenaga kesehatan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di 24 kabupaten/kota yang akan di vaksin.

BACA:  Banyak Dokter Meninggal Akibat Covid-19, PB IDI Bentuk Tim Audit

Sementara untuk total vaksin yang diterima Sulsel sebanyak 66.640 untuk tahap pertama.

“Saat ini vaksin yang telah ada baru 30.000 dosis, sisanya 36.640 dosis akan menyusul. Vaksin yang ada telah kita siapkan untuk distribusinya dengan cold box dengan minus delapan derajat celcius,” ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta agar Dinas Kesehatan Sulsel selain data klinis untuk tenaga kesehatan yang akan divaksin, juga menyiapkan data klinis masyarakat.

“Vaksin ini sudah melewati uji klinis, InsyaAllah tidak ada dampak apa-apa. Ya namanya vaksin, pasti ada demam dan sebagainya. Memang ada kriteria orang-orang yang memenuhi syarat yang harus divaksin,” jelasnya.

Hanya saja sebelum dilakukan vaksinasi pihaknya masih menunggu izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA:  Kemenkes Pastikan Kecukupan Obat dan Alat Kesehatan dalam Penanganan Covid-19

Nurdin pun meminta agar program vaksinasi ini diberikan dukungan sebab pemerintah telah memberikan layanan perlindungan kesehatan pada masyarakat.

“Kalau saya jangan besar-besarkan soal yang menolak. Yang ada saja belum cukup. Saya kira InsyaAllah akan kita berikan ini secara baik kepada seluruh masyarakat. Ini gratis, Rp 74 triliun disiapkan negara untuk vaksin ini kepada seluruh masyarakat Indonesia, jadi tidak usah ragu,” tegas Nurdin.

Sebelumnya, vaksin Covid-19 yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan ini dipaketkan dalam 16 koli paket atau 584 Kilogram dan tiba di Cargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Selasa (5/1) sekitar pukul 04.14 WITA.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT