Tahap Pertama, Distribusi Vaksin Covid-19 di Sulsel Fokus ke 3 Daerah Ini

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Petugas kesehatan saat mendistribusikan vaksin Covid-19 ke tiga daerah. Antara lain Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Gowa.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pendistribusian vaksin virus corona atau Covid-19 mulai dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan sejak Selasa, (12/1) kemarin.

Proses distribusi vaksin Covid-19 pada tahap pertama ini dikhususkan di tiga daerah di Sulawesi Selatan, yakni Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros.

JANGAN LEWATKAN :

Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 Sulawesi Selatan dr. Nurul AR mengatakan, tiga daerah tersebut menjadi lokus distribusi vaksin lantaran berdekatan dengan Kota Makassar yang menjadi lokasi utama penyebaran.

Apalagi ketiga daerah tersebut juga menjadi daerah yang jumlah kasusnya sepanjang pandemi Covid-19 cukup besar.

BACA:  Dokter Puskesmas Bontonompo Gowa Dikabarkan Positif Covid-19

“Jumlah vaksin yang distribusi berbeda-beda, sesuai dengan jumlah penerima vaksin tiap daerah,” ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Berdasarkan data klinis Dinas Kesehatan Sulsel, jumlah penerima vaksin dalam hal ini tenaga kesehatan di tiga daerah tersebut berbeda-beda. Misalnya Kota Makassar mendapatkan jatah 14.355 tenaga kesehatan, kemudian Kabupaten Gowa sebanyak 2.155 tenaga kesehatan dan Kabupaten Maros sebanyak 1.545 tenaga kesehatan.

Nurul mengungkapkan, vaksin tersebut akan diserahkan oleh instansi terkait di tingkat kabupaten/kota. Untuk kemudian akan diserahkan ke puskesmas-puskesmas yang ada di kabupaten/kota masing-masing.

“Kita coba yang penyangga dulu yang terdekat, karena memudahkan kita untuk melakukannya dengan maksimal. Jadi yang terdekat dengan Makassar yang menjadi fokus utama kita karena penyebaran kasus Covid-19 ini terbanyak di Makassar dan dua kabupaten itu,” jelasnya.

BACA:  Wawancara Khusus: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Saat Pandemi Covid-19

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr. Ichsan Mustari menjelaskan, distribusi vaksin tahap awal dilakukan untuk Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Gowa. Sedangkan daerah lainnya akan mulai didistribusikan pada Februari mendatang.

“Kita pastikan seluruh vaksin akan terdistribusi dengan baik sehingga kita harapkan proses vaksinasi juga dapat berjalan dengan optimal dan sesuai target kita semua,” singkatnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT