Sebaran Covid-19 Masih Tinggi, Aktivitas Sekolah di Gowa Masih Lewat Daring

Pandemi COVID-19

Gowa, SULSELSEHAT — Pemerintah Kabupaten Gowa memutuskan proses pembelajaran di sekolah masih akan dilakukan secara daring.

Hal ini setelah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan proses belajar di tahun ajaran baru 2020/2021 akan berlangsung pada 13 Juli 2020 mendatang.

JANGAN LEWATKAN :

“Kemendikbud belum memutuskan apakah proses belajar mengajar di tahun ajaran baru dilakukan lewat tatap muka atau masih lewat daring. Hanya saja di wilayah Kabupaten Gowa kami memutuskan belum boleh melakukan tatap muka, makanya masih dilakukan secara virtual (daring),” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di sela-sela melakukan silaturahmi virtual bersama pasein Covid-19, Sabtu (27/6).

BACA:  Miliki Penyakit Bawaan atau Lanjut Usia, BNPB Sarankan Warga Tetap Tinggal di Rumah

Adnan menegaskan, kebijakan ini diambil pemerintah daerah dengan melihat perkembangan angka positif Covid-19 di daerah berjuluk Butta Bersejarah ini masih sangat tinggi. Sehingga dianggap masih belum aman bagi siswa untuk melakukan proses belajar belajar secara tatap muka.

“Per Jumat kemarin total angka positif itu mencapai 462 orang dengan jumlah kasus baru 11 orang sehingga kita menganggap masih belum bisa adanya aktivitas dalam sekolah. Anak-anak, utamanya di jenjang SD masih sangat sulit untuk kita ajak mereka menjaga jarak, makanya harus dilakukan lewat di rumah saja,” tegasnya.

Dalam kebijakan ini, dirinya juga menginstruksikan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa agar mengalihkan Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk pengadaan kuota internet bagi siswa dan tenaga pengajar untuk bisa memaksimalkan pembelajaran daring.

BACA:  Update Covid-19 Luwu Timur 21 Juni 2020: 6 Sembuh, 11 Kasus Positif Baru

“Dana BOS yang biasanya digunakan untuk keperluan pembayaran listrik, air dan keperluan lainnya di sekolah kita alihkan untuk pembelian kuota internet,” ujarnya.

Dengan kebijakan ini juga bisa membantu beban orangtua dan tenaga pengajar dalam memenuhi kebutuhan kuota internet mereka.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT