Penuhi Kebutuhan Darah di Masa Pandemi Covid-19, Pemkab Gowa Lakukan Ini

Gambar Gravatar
Aksi donor darah Pemkab Gowa
Aksi donor darah Pemkab Gowa dikuti pejabat pemerintah dan forkopimda Gowa. Kegiatan ini berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa kami, Kamis (2/7).

Gowa, SULSELSEHAT — Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel bekerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar aksi sosial berupa donor darah di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa kami, Kamis (2/7).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk membantu kesediaan kantong darah di Sulawesi Selatan.

JANGAN LEWATKAN :

Dirinya menyebutkan akhir-akhir ini khususnya masa pandemi virus corona atau Covid-19, PMI Sulsel mengalami kekurangan stok kantong daerah. Sehingga apa yang dilakukan saat ini dapat membantu.

“Kegiatan donor darah seperti ini dari berbagai instansi dan organisasi masyarakat itu selama masa pandemi Covid-19 ini memang relatif terbatas sehingga persediaan darah memang kurang,” ujarnya.

BACA:  Kabupaten Barru Siap Jadi Daerah Bebas Covid-19

Selain itu, lanjut Muchlis donor darah ini merupakan kegiatan rutin Pemkab Gowa dalam tiga bulan sekali. Kegiatan ini pun melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), seluruh organisasi masyarakat termasuk instansi di lingkup Pemkab Gowa, kepolisian dan Kodim.

“Setiap tiga bulan itu kita selalu lakukan secara rutin makanya kita kembali rutinkan ini. Mudah-mudahan mulai hari ini kita bisa lanjut terus,” jelasnya.

Dirinya menambahkan selain bisa membantu orang lain. Kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin ini juga baik untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

“Setelah donor darah ini sirkulasi darah semakin baik. Karena tubuh diatur sedemikian rupa untuk bisa membangkitkan kembali darah yang habis didonorkan itu sehingga proses di dalam tubuh itu lebih enak terasa,” tambahnya.

BACA:  Kasus Positif Covid-19 di Gowa Capai 488, Somba Opu Masih jadi Episentrum

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan pihaknya menargetkan minimal 100 kantong darah dapat didistribusikan ke PMI Sulsel dari kegiatan sosial ini.

“Ini kita lakukan terbuka untuk umum dan mudah-mudahan seperti biasa kita target 100 kantong darah dari pemerintah,” singkatnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT