Waspada Covid-19, Diknabun Gowa Wajibkan Hewan Kurban Miliki Surat Keterangan Sehat

Penjualan sapi kurban
Ketgam : Penjualan sapi kurban (IST)

Gowa, SULSELSEHAT — Pandemi Covid-19 saat ini membuat pola masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan juga ikut berubah. Aturan ketat untuk mencegah virus yang belum ada obatnya membuat masyarakat lebih berhati-hati.

 

Apalagi menjelang lebaran Idul Adha 1441 H, berbagai aturan diberlakukan yang diperuntukkan bagi masyarakat maupun orang yang menyembelih hewan kurban.

JANGAN LEWATKAN :

Seperti di Kabupaten Gowa, Dinas Peternakan dan Perkebunan (Diknakbun) Kabupaten Gowa mensyaratkan masyarakat harus lebih berhati-hati membeli hewan kurban.

Hewan kurban harus memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Gowa.

BACA:  Angka Rt Covid-19 Sulsel Melandai, Prof Ridwan: Positifity Rate juga Harus Ditekan

Masyarakat diminta untuk tidak membeli hewan kurban jika tidak memiliki surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan oleh Dinas peternakan Gowa.

“Pasti berbeda dengan tahun sebelumnya karena jika ingin berkurban masyarakat harus memperhatikan tiga syarat khusus yaitu surat keterangan sehat, fisik hewan sehat dengan ciri-ciri mata cerah, hidung terlihat basah dan cara berdirinya harus kokoh serta hewan harus cukup umur,” ujarnya kepada Sulselsehat.com saat dikonfirmasi via whatsapp, Sabtu (25/07/2020).

Tak hanya itu, untuk proses penyembelihan hingga pembagian kata Suhriati, masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, jaga jarak minimal 1,5 meter, tidak berkerumun, dan rajin cuci tangan.

“Kami terus berupaya memberikan edukasi masyarakat bahwa ketika melakukan idul qurban tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang terpenting tidak berkerumun saat membagikan daging kurban ke masyarakat,” jelasnya.

BACA:  Begini Sanksinya Jika Warga Gowa Tak Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT