Teknologi Digital Perlu Didorong dalam Dunia Kedokteran Gigi

Ilustrasi penanganan kesehatan gigi.
Ilustrasi penanganan kesehatan gigi. (Foto: alodokter.com)

Makassar, SULSELSEHAT — Kehadiran teknologi digital memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Salah satu diantaranya yaitu pada dunia kedokteran gigi seperti maksilofasial.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin drg Muhammad Ruslin mengatakan, di dunia kedokteran gigi teknologi digital sangat perlu dikembangkan. Misalnya pada prostetik maksilofasial.

JANGAN LEWATKAN :

Ia menjelaskan, prostetik maksilofasial merupakan cabang dari ilmu kedokteran gigi yang menangani cacat bawaan yang terkadang ada pada kepala dan leher.

BACA:  FKG Unhas Edukasi Muslim Indonesia di Taiwan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Prostetik maksilofasial mengintegrasikan bagian dari berbagai disiplin ilmu termasuk kepala dan leher, kelainan bawaan, bedah plastik, dan beberapa disiplin ilmu terkait lainnya.

“Salah satu peran teknologi digital dalam prostetik maksilofasial adalah untuk memulihkan atau mengganti struktur stomatognatik dan kraniofasial dengan prostesis menggunakan prostesis lepasan dan cekat,” jelasnya dalam simposium virtual seri dua dengan tema “Digital Technology & Clinical Practice in Maxillofacial Prosthetics“, Senin (24/8/2020).

Menurutnya, jika digitalisasi diterapkan dalam dunia kedokteran gigi klinik dengan pengetahuan yang tepat, maka dapat meningkatkan kualitas praktek kedokteran gigi dan perawatan yang lebih baik bagi pasien.

“Untuk mencapai alur kerja yang sepenuhnya digital dalam perawatan gigi, klinik harus mulai menggunakan teknik digital pada tingkat yang sama seperti teknisi. Selain itu, dokter juga harus menjaga pengetahuan tentang semua kemajuan yang sedang berlangsung dalam dunia kedokteran gigi untuk memenuhi kebutuhan pasien,” tutup Ruslin.

BACA:  FKG Unhas Kembali Cetak 20 Dokter Gigi, 9 Tenaga Spesialis

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas terkait pandangan umum tentang prostodontik yang merupakan spesialisasi gigi yang berkaitan dengan diagnosis, perencanaan perawatan, rehabilitasi, dan pemeliharaan fungsi rongga mulut, kenyamanan, penampilan, dan kesehatan pasien dengan kondisi klinis tertentu.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT