Selama Pandemi Covid-19, RSGMP Unhas Batasi Jumlah Pasien

Makassar, SULSELSEHAT — Pandemi virus corona atau Covid-19 telah berlangsung sekitar delapan bulan sejak menyebar di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

 

Meski menghadapi krisis pandemi Covid-19 ini, layanan kesehatan tetap diharapkan dapat berjalan dengan baik. Hal inilah yang dilakukan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Hasanuddin.

JANGAN LEWATKAN :

Direktur RSGMP Unhas drg Andi Tajrin mengatakan, RSGMP Unhas tetap hadir memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat yang membutuhkan.

BACA:  Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Terus Bantu Masyarakat Terdampak Gempa Sulbar

Hanya saja selama pandemi Covid-19 ini pihak manajemen memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

“Tetap melakukan pelayanan, namun kita batasi jumlah pasien paling banyak 20 orang per hari. Sistem pelayanan para tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3,” katanya di sela-sela Seri Brunch Talk Edisi #28 FKG Unhas dikutip melalui kanal YouTube FKG Unhas, Sabtu (03/10/2020).

Ia menegaskan, untuk meminimalisir antrian, mekanisme pendaftaran yang dilakukan melalui online.

“Kita harapkan pasien melakukan pendaftaran di website kami agar proses screening untuk mengetahui jenis penanganan pasien bisa dilakukan lebih awal,” kata drg Tajrin.

Sejak berdirinya, RSGMP Unhas memiliki banyak keunggulan mulai dari alat kesehatan lengkap hingga sumber daya yang mumpuni. Apalagi telah didukung oleh banyak dokter spesialis.

BACA:  Teknologi Digital Perlu Didorong dalam Dunia Kedokteran Gigi

Namun, pihak RSGMP terus melakukan pembenahan. Mengingat, masih banyak masyarakat yang beranggapan jika RSGMP Unhas hanya sebagai tempat pendidikan kedokteran gigi bukan untuk memberikan layanan kesehatan.

“Rumah sakit ini sudah lama berdiri, bersamaan dengan hadirnya FKG Unhas. Meskipun saat itu masih poliklinik, namun dengan berbagai upaya kami menargetkan akan menjadikan pusat rujukan nasional Kawasan Timur Indonesia dan menjadi RSGM pertama milik perguruan tinggi yang terakreditasi paripurna di Indonesia,” harapnya.

Dalam pertemuan ini drg Tajrin juga menjelaskan terkait pelayanan kesehatan gigi dan mulut dan keunggulan yang dimiliki oleh RSGMP Unhas.

Salah satunya RSGMP Unhas merupakan suatu unit yang berfungsi sebagai unsur penunjang pendidikan di lingkungan Unhas.

BACA:  Alkes di Lokasi Bencana Masih Terbatas, RSGMP Unhas Kirimkan Pakaian dan Peralatan Operasi

“Selain memberi keterampilan kerja di bidang profesi kedokteran gigi, RSGMP juga menjadi tempat pelayanan kesehatan gigi kepada masyarakat,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT