FKG Unhas Kembali Cetak 20 Dokter Gigi, 9 Tenaga Spesialis

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Sebanyak 20 tenaga dokter gigi kembali dicetak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin melalui yudisium dan pengambilan sumpah periode Desember 2020.

Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin mengungkapkan, dari 20 tenaga dokter gigi yang dikukuhkan kali ini terdiri dari 9 tenaga spesialis dan 11 dokter gigi. Selain itu, 64 lulusan tahapan profesi dokter gigi dan 9 lulusan Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG): 9 orang.

JANGAN LEWATKAN :

“Kami harap tenaga dokter gigi yang saat ini telah kita kukuhkan dapat mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat dengan mengedepankan pemberian pelayanan yang baik,” katanya, Senin (14/12/2020).

BACA:  Teknologi Digital Perlu Didorong dalam Dunia Kedokteran Gigi

Ia menyebutkan, hingga kini, alumni FKG Unhas telah mencapai 2.772 orang, dengan rincian tenaga Dokter Gigi sebanyak 2.641 orang dan Dokter Gigi Spesialis sebanyak 131 orang.

Menurutnya, peranan para alumni sangat terasa di masyarakat, dimana mereka mampu menunjukkan jati diri sesuai semangat communiversity dan humaniversity yang diusung almamater.

“Sebagai institusi pendidikan, kami terus berbenah, mengingat masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih tinggi khususnya di Indonesia Bagian Timur. Rasio jumlah penduduk dengan tenaga medis, khususnya dokter gigi spesialis, masih jauh dari angka ideal”, jelas drg. Ruslin.

Untuk menekan rasio itu, saat ini FKG Unhas telah membuka 6 Program Studi Gigi Spesialis (PPDGS), yaitu Prostodonsi, Periodontologi, Konservasi Gigi, Bedah Mulut dan Maksilofasial, Ortodonti, dan Kedokteran Gigi Anak. Sementara untuk pendidikan akademik, FKG Unhas kini membuka Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi.

BACA:  Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Terus Bantu Masyarakat Terdampak Gempa Sulbar

“Pada 2021 mendatang, kami menargetkan akan membuka PPDGS Ilmu Penyakit Mulut dan PPDGS Radiologi. Kami juga mempersiapkan Program S3 Kedokteran Gigi serta Program Vokasi Tekniker Gigi dan Keperawatan gigi,” terangnya.

Dirinya pun berpesan agar para alumni yang telah menyelesaikan program pendidikannya di FKG Unhas dapat terus mengembangkan diri dan karir, baik melanjutkan ke tahap profesi, maupun ujian kompetensi.

Adapun beberapa pencapaian yang berhasil diraih FKG Unhas, salah satunya yaknidi ajang Pekan Ilmiah Nasional 2020. Dimana pihaknya berhasil meraih medali emas untuk kategori presentasi dan medali perunggu untuk kategori poster. Raihan ini pula mengantarkan Unhas masuk 5 besar Pimnas 2020.

Sementara dalam pengukuhan ini tiga tenaga dokter gigi yang berhasil meraih nilai tertinggi antara lain drg. Ira Farwiany Syafar, Sp.Perio pada profesi Dokter Gigi Spesialis Periodonsia dengan Indeks Predikat Kelulusan (IPK) 3.99 atau predikat kelulusan Cum Laude.

BACA:  FKG Unhas Luncurkan Buku Manajemen Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit

Selanjutnya drg. Nurul Fatiha Minanga pada profesi dokter gigi dengan IPK 3,67 predikat kelulusan Sangat Memuaskan, dan drg. Nurul Fatiha Thulfaida, S.KG, alumni SKG dengan IPK 3,41 predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT