Tak Penuhi Syarat, Gubernur NA Batal Divaksin Covid-19

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat melalui pemeriksaan kesehatan untuk melakukan vaksin Covid-19 di RSUD Dadi Makassar, Kamis (14/1). Di sela-sela pemeriksaan dirinya tidak memenuhi kriteria untuk di vaksin. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah tak memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin virus corona atau Covid-19. Sementara dirinya telah dijadwalkan sebagai orang pertama yang akan mendapatkan vaksin tersebut.

Mantan Bupati Bantaeng itu tidak memenuhi kriteria penerima vaksin berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK 02.02/4/1/2021 Tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

“Jika dilihat dari kriteria kesehatan semua memenuhi syarat. Tekanan darah dan sebagainya semua baik, tetapi karena ada kerabat yang terkonfirmasi positif maka saya tidak bisa divaksin,” kata Nurdin Abdullah, usai melaunching Program Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi Makassar, Kamis (14/1/2021).

BACA:  Tanggulangi Covid-19, Bulukumba Tengah Kaji Pengetatan di Perbatasan Wilayah

Ia menyebutkan, salah satu dari 15 syarat seseorang tidak layak mendapatkan yakni ada anggota keluarga serumah yang kontak erat atau suspek atau konfirmasi atau sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19 sebelumnya.

“Untuk tahap pertama ini saya belum bisa di vaksin, semoga setelah semuanya dalam kondisi membaik saya bisa mendapatkan vaksin. Selain saya ada beberapa pejabat lainnya juga tidak memenuhi kriteria untuk divaksin karena ada yang pernah positif hingga memiliki tekanan darah tinggi,” terang Nurdin.

Rencananya jadwal pemberian vaksin Covid-19 yang akan diterima Nurdin Abdullah dijadwalkan pada April 2021 mendatang.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menjadi pejabat pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19. Pemberian vaksin ini juga bertepatan dengan seluruh tenaga kesehatan di kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

BACA:  Miliki Penyakit Bawaan atau Lanjut Usia, BNPB Sarankan Warga Tetap Tinggal di Rumah

Nurdin Abdullah mendapat jadwal vaksin pada tahap pertama atau pada Kamis, 14 Januari 2021 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi Makassar.

Selain Nurdin beberapa pejabat publik hingga pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan juga dijadwalkan akan mendapatkan vaksin pada hari yang sama.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT