Hari Pertama Rapid Test Gratis, 1 Warga Bulukumba Reaktif, 149 Lainnya Nonreaktif

Rapid Test Gratis hari pertama oleh Pemkab Bulukumba
Gambar : Rapid Test Gratis hari pertama oleh Pemkab Bulukumba, Kamis (09/07/2020)

Bulukumba, SULSELSEHAT — Program rapid test gratis Pemerintah Kabupaten Bulukumba berhasil temukan satu warga Kecamatan Bonto Bahari yang hasilnya reaktif Covid-19, Kamis 9 Juli 2020.

 

Warga tersebut adalah perempuan dengan umur 60 tahun. Setelah melihat hasilnya ternyata reaktif maka selanjutnya akan dilakukan tes PCR swab sesuai perjanjian sebelum rapid dilakukan.

JANGAN LEWATKAN :

“Warga yang reaktif tadi sudah dilakukan tes lanjutan (tes swab) oleh petugas medis, menunggu hasil lab keluar,” ungkap A.M. Sukri Sappewali, Bupati Bulukumba, dikutip dari Kumanika.

Pelaksanaan rapid test hari pertama ini diikuti oleh 150 orang bertempat di Jl. Lapangan Pemuda Bulukumba.

BACA:  PHBS, Kunci Utama Masyarakat Desa Bontoramba Gowa 'Zona Hijau' Covid-19

Sebanyak 149 orang diantaranya langsung mendapatkan surat keterangan telah melakukan Rapid Test Antobodi IgM/IgG dengan hasil non reaktif. Kegiatan ini juga dipantau langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Dalam sambutannya, Bupati Bulukumba menyampaikan bahwa Rapid Test Covid-19 tersebut berguna untuk meringankan beban biaya warga Bulukumba yang ingin keluar daerah untuk urusan pekerjaan, sekolah dan maupun tugas dinas lainnya.

“Surat keterangan hasil Rapid Test bisa digunakan anak-anak kita yang kembali sekolah atau mendaftar di Makassar atau di wilayah lain,” jelas AM Sukri Sappewali.

Lanjut, Tony Satria Yulianto, Wakil Bupati Bulukumba saat sedang memantau pelaksanaan rapid test menuturkan bahwa kegiatan ini dijadikan sebagai upaya pemberian fasilitas gratis kepada warga yang mengalami dampak pandemi covid-19.

BACA:  49 Akademisi Unhas Terbitkan Buku Mengulas Covid-19, Enam Guru Besar Dilibatkan

“Rapid Test yang berlangsung selama 3 hari ini hanya semacam kick-off saja sebagai penanda pemerintah hadir memberikan layanan. Kedepan pelaksanaan Rapid Test ini akan dilanjutkan di Puskesmas wilayah masing-masing,” jelas Tomy.

Untuk pelaksanaan hari pertama ini hampir 400 orang pendaftar, sehingga yang tidak terlayani Rapid Test dilakukan di hari berikutnya.

Untuk diketahui, rapid test gratis ini akan berlangsung selama 3 hari, dimulai hari ini, hingga Sabtu mendatang (9-11 Juli 2020).

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT