Bertambah Lagi 8, Jumlah Positif Corona di Bulukumba Capai 20 Orang, 6 Diantaranya Nakes

Gambar Gravatar
Ilustrasi Pasien Covid-19
Ilustrasi Pasien Covid-19.

Bulukumba, SULSELSEHAT – Kasus terkonfirmasi positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Bulukumba bertambah lagi 8 orang, 6 diantaranya merupakan tenaga kesehatan (Nakes) dengan rincian, 3 orang dari Puskemas Tanete, dan 3 orang lainnya Nakes dari RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja.

Tambahan lainnya adalah 1 orang berumur 3 tahun yang merupakan anak dari Nakes Puskesmas Tanete dan 1 orang lagi bertugas sebagai petugas cleaning service Puskesmas Tanete.

JANGAN LEWATKAN :

Hal diketahui setelah pihak Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba menerima hasil swab para kontak erat pasien 011 dan 012 yang telah dinyatakan positif beberapa hari sebelumnya.

BACA:  Bupati Takalar Minta Aparat Desa Berikan Pelayanan Terbaik di Tengah Pandemi Covid-19

“Hari ini kita menerima hasil Swab dari Dinas Kesehatan Provinsi yang mana hasil Swab tersebut dari petugas medis kita yang ada di Kabupaten Bulukumba. Dari 153 yang kita Swab ada 8 orang yang positif,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 AM Sukri Sappewali di Kantor Bupati Bulukumba, Senin (08/06/2020).

Dikatakannya, mereka yang baru dinyatakan positif merupakan konsekwensi dari pengabdiannya sebagai petugas medis sehingga rawan terpapar Covid-19.

“Untuk itu pemerintah daerah bertekad bagaimana bisa menyembuhkan mereka dan mengevakuasi untuk dirawat di Makassar,” tambah AM Sukri Sappewali.

“Mari kita berdoa semoga para tenaga medis dan masyarakat yang terpapar bisa segera sembuh,” pintanya.

Bupati dua periode itu melanjutkan, dari 6 Nakes tersebut, 1 orang adalah dokter dari RSUD dan 1 orang adalah dokter Puskesmas Tanete dan 4 orang tenaga perawat.

BACA:  Data Terakhir, Sulsel Catat 137 Kasus Baru Covid-19

“Ada 1 orang anak dari Nakes umur 3 tahun, tapi orang tuanya yang nakes hasil swabnya negatif. Kemungkinan anak ini terpapar karena sering dibawa ke Puskesmas,” tuturnya.

Ia juga berharap bahwa mulai saat ini, petugas kesehatan tidak lagi membawa anak-anaknya di fasilitas kesehatan, apalagi kalau anak-anak memasuki ruang perawatan atau area terlarang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kab Bulukumba, dr. Wahyuni menyampaikan bahwa setelah adanya tambahan pasien positif tersebut, pihaknya kembali akan melakukan upaya-upaya pencegahan penularan seperti penelusuran kontak erat, dan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang dinilai rawan.

“Hari ini kami dapat berita yang cukup menyedihkan karena tenaga kesehatan sebagai garda terdepan ternyata terpapar. Namun kasus ini tidak menurunkan semangat kami untuk tetap mengajak tenaga kesehatan dalam upaya penanggulangan dan pencegah penyebaran Covid-19,” pungkas dr Wahyuni.

BACA:  Mari Menebar Rasa Prihatin, Bukan Rasa Takut

Dia berharap agar masyarakat tetap  mematuhi protokol kesehatan, seperti setiap saat memakai masker, menjaga jarak, dan sering cuci tangan.

Dengan tambahan 8 kasus hari ini, maka total kasus positif Covid-19 di Bulukumba saat ini berjumkah 20 orang, dimana 10 orang sudah sembuh dan 10 lainnya masih dirawat.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT