Pertama di Takalar, RSIA Zainab Difokuskan untuk Pasien Non Covid-19

RSIA Zainab Kabupaten Takalar
RSIA Zainab di Kabupaten Takalar diperuntukkan bagi pasien ibu dan anak non Covid-19. (Foto: Istimewa)

Takalar, SULSELSEHAT — Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zaenab, di Kelurahan Bontolebang, Kecamatan Galesong Utara Takalar resmi melayani pasien ibu dan anak sejak Jumat, 10 Juli 2020 lalu.

Direktur RSIA Zaenab dr Wayabulani Idris menjelaskan, rumah sakit ini menyiapkan 17 tempat tidur untuk melayani pasien anak dan dewasa (ibu) dengan empat kamar.

JANGAN LEWATKAN :

“RSIA hanya berlantai satu. Meski demikian kita akan maksimal pelayanannya bagi penanganan ibu yang akan melahirkan dan anak,” katanya saat dikonfirmasi Sulselsehat.com, Selasa (14/07/2020).

RSIA Zainab ini juga diperuntukkan bagi pasien anak dan ibu melahirkan yang tidak terpapar virus corona atau Covid-19.

BACA:  Antisipasi Penularan Covid-19, 27 Tahanan Polres Gowa Jalani Pemeriksaan Sebelum Dipindahkan

Meski pembangunan RSIA ini masih dianggap kurang lengkap tapi dinilai representatif untuk menangani pasien ibu dan anak.

“RSIA ini kita khususkan untuk pelayanan pasien non Covid-19. Karena kita ada rumah sakit rujukan dan juga sudah ada rumah sakit penyangga,” katanya lagi.

Sementara, untuk layanan poli yang disiapkan terdiri dari poli obgyn, poli anak, poli umum, perinatologi dan persalinan.

Dengan hadirnya RSIA ini diharapkan mampu menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak, termasuk di Kabupaten Takalar.

Sebelumnya, Bupati Takalar Syamsari mengatakan, pembangunan RSIA Zaenab ini sebagai stimulus pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Ia mengaku, pihaknya juga mendorong agar pembangunan RSIA tersebut dipercepat dengan tujuan dapat mengcover masyarakat khususnya pasien ibu melahirkan dan anak.

BACA:  Pandemi Covid-19, Pasien Umum di RS Berkurang Drastis

“Kita ingin keberadaan RSUD Padjonga Daeng Ngalle menjadi rumah sakit rujukan untuk penyakit Covid-19, sehingga pasien dengan penyakit umum untuk anak-anak dan ibu yang akan melahirkan diarahkan untuk ke RSIA ini,” katanya.

Kedepan pihaknya pun akan terus melakukan perbaikan baik dari segi layanan kesehatan, sarana dan prasarana hingga kebutuhan tenaga kesehatannya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT